Jumat, 05 April 2013

9 Kebiasaan Pembelajar Sejati

1.      Selalu melakukan sesuatu lebih dari apa yang dilakukan oleh orang lain  

Jika seseorang hanya melakukan hal-hal yang di anggap biasa oleh orang lain maka orang itu termasuk orang yang biasa-biasa saja, tetapi jika ada seseorang yang melakukan hal-hal yang lebih dari orang yang biasa-biasa saja maka orang itu termasuk orang yang akan meraih sukses. Karena orang seperti ini akan terus menerus memberikan hal-hal yang lebih bagi dirinya dan orang lain.

2.      Proaktif 

Orang yang proaktif selalu bisa mengendalikan dirinya pada apa yang mereka kerjakan. Setiap orang harus proaktif dalam menghadapi seluruh pelajaran. Jika merasa tidak paham, maka bertanya adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Seperti aktif didalam kelas, bertanya, bahkan mencari materi-materi lain di luar jam sekolah seperti perpusatakaan atau pun dari media masa seperti internet

3.      Bertanggung jawab 100% terhadap apa yang kamu lakukan
 
Dengan bertanggung jawab terhadap diri sendiri orang itu akan menyadari bahwa apa yang telah dia lakukan-buruk atau baik, bermanfaat atau tidak bermanfaat  harus dia koreksi. 
4.      Tunda kenikmataanmu
 
Menunda kenikmatan untuk mendahulukan pembelajaran akan menjadikan orang tersebut lebih unggul dari yang lainnya. Dengan sabar dan dengan proses yang lama maka orang tersbut akan memiliki rasa kenimatan yang lebih lama lagi saat dia sukses.Ingat peribahasa :
"BELAJAR saat orang lain BERSANTAI dan BEKERJA KERAS saat orang lain BERLEHA-LEHA maka kamu akan mendapatkan kesuksesan"
5.      Cintailah apa yang kamu kerjakan
 
Satu-satunya jalan agar seseorang maju terus melakukan seluruh pembelajaran adalah dengan mencintainya.  Tanpa mencintai apa yang harus kamu lakukan maka akan sulit rasanya menjalakan apa yang menjadi kewajibanmu.
 6.      Integritas
 
Integritas adalah sikap jujur, baik kepada diri sendiri maupun terhadap orang lain. Integritas ini penting bagi seseorang yang serius ingin memmperbaiki hasil akademik. Tanap integritas pelajar tidak akan menjadi pelajar yang sukses. 
7.      Komitmen 100%
 
Setiap orang harus berkomitmen untuk pencapaiian yang di impiannya, komitmen itu merupakan hal mutlak yang harus di miliki agar pencapain kesuksesan bisa terjadi.
 
8.      Mengubah kegagalan menjadi kesuksesan
 
Setiap orang pasti mengalami kegagalan, maka dari itu setiap orang harus menjadikan kegagalan yang terjadi menjadi motifasi yang besar agar menjadi kesuksesan yang besar.
9.      Memaafkan diri sendiri 
Cobalah memaafkan diri sendiri. Lihat kembali kembali kepada diri sendiri bahwa kegagalan itu bukan disebabkan oleh faktor diluar kita. Kegagalan-demi kegagalan terjadi karena seseorang itu tidak bisa memaafkan diri sendiri.
Sumber :  Murti Tendi Krisna, Stop Belajar Kalau Ingin Pintar, Bestari, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar